Senin, 08 November 2010

Animasi Lempar Dadu

Animasi lempar dadu didesain sebagai media pembelajaran matematika pada pokok bahasan peluang. Berikut ini ilustrasi animasi lempar dadu yang akan kita buat:



Jika tombol lempar dadu ditekan maka kedua dadu akan terlempar dan jumlah mata dadu secara acak akan muncul ketika pelemparan selesai. Sehingga untuk setiap pelemparan masing-masing mata dadu memiliki peluang yang sama untuk muncul. 


Membuat Movie Clip Dadu
1.      Buatlah bentuk kubus dan convert menjadi Movie Clip.
2.      Masuk pada lembar kerja Movie Clip dan tampilkan gambar kubus sampai frame 20.
3.      Buat layer baru untuk menggambar mata dadu. Pada masing-masing frame buatlah gambar mata dadu misalnya frame 1 untuk mata dadu 1, frame 2 untuk mata dadu 2, dan seterusnya berulang-ulang sampai frame 20. 
   
-->
4.      Pada frame 1, isikan script berikut:

stop();
           
5.      Buat layer baru dan Copy Movie Clip dadu menjadi dua, masing-masing diberikan nama “dadu1” dan “dadu2” pada Instance Name. Letakkan Movie Clip dadu1 pada layer “dadu1” dan Movie Clip dadu2 pada layer “dadu2”.


   
-->
6.      Buatlah animasi Motion Tween untuk dadu1 dan dadu2 sehingga nampak seperti dadu yang dilempar. Gambar di atas adalah contoh desain frame untuk animasi lemparan Movie Clip dadu1 dan dadu2.
-->
Membuat Latar dan Menganimasikannya
1.      Buatlah layer baru pada lembar kerja utama.
2.      Buat gambar latar kemudian Convert menjadi Graphic.
   
-->
3.      Animasikan gambar latar dengan posisi frame 1 seperti pada gambar diatas, posisi dua seperti pada gambar dibawah, dan posisi tiga sama dengan posisi satu.
-->
4.      Pada frame 1 tuliskan script berikut:

stop();

Pada frame terakhir lakukan hal berikut:
-          Berikan efek suara dai windows >> common libraries >> sounds sehingga ketika dadu jatuh akan muncul suara.
-          Tuliskan script berikut:

n=random(19)+1;
m=random(19)+1;
dadu1.gotoAndStop(n);
dadu2.gotoAndStop(m);

Ketika animasi sampai pada frame terakhir maka perintah pada script di atas akan dijalankan yaitu mengarahkan animasi di dalam Movie Clip dadu secara acak ke frame tertentu (1 sd 20).

Membuat Tombol Lemparan
1.      Buatlah layer baru dan pada frame 1 isikan sebuah tombol dari windows >> common libraries >> button.
2.      Pada tombol, isikan script berikut:

on(release){
     gotoAndPlay(2);
     dadu1.gotoAndPlay(2);
     dadu2.gotoAndPlay(2);
}
           
            Script diatas akan menjalankan animasi pada lembar kerja utama dari frame 2 sampai frame terakhir. Ketika animasi sampai pada frame terakhir, maka script yang sudah dipasang pada frame terakhir akan dijalankan sehingga jumlah mata dadu akan dimunculkan secara acak. Desain layer secara keseluruhan tampak seperti berikut ini: 

4 komentar:

  1. Mohon disertakan file FLA nya Pak...Biar kami mudah mempelajarinya...terima kasih

    BalasHapus
  2. Monggo pak, semoga bermanfaat...

    BalasHapus
  3. gan makasih banget infonya , ditunggu update terbarunya,
    ini saya mau bikin aplikasi yg pada saat di klik keluar suaranya namun dalam bentuk abstrak, itu gimana?

    BalasHapus